Tuesday, November 11, 2014

PASBONG DIY Pasang Oil Catch Can Toyota Rush Avanza 1.5

Setelah sekian lama kepengen, akhirnya baru keinget bahwa di rumah masih ada oil catch can yang dulu pernah dibeli tapi belom pernah dipasang.

Untuk awalnya mari kita pelajari singkat dulu apa sih guna dari oil catch can yang kalo di ke bahasa indonesiakan jadinya kaleng penangkap oli.

How OCC works?





















Pic cited from:
http://oilcatchcan.com/wp-content/uploads/oilcatchcan.gif

Kenapa dibutuhkan:
Di Amerika mulai dari tahun 1964 PCV valve sudah menjadi standard di semua kendaraan yang dijual di pasaran. Hal ini berkaitan erat dengan regulasi untuk mengurangi polusi.

Pendek aja ya kalo mau tau detil google aja.

Kesimpulan:
Jadi fungsi OCC adalah untuk menangkap uap oli dengan cara di kondensasikan dan ditampung di dalam sebuah bejana. Tujuannya adalah untuk mengurangi masuknya oli ke intake manifold yang dapat menyebabkan kerak di ruang bakar, knocking (ngelitik), dan hal buruk lainnya.

OCC ini dipasang di rute PCV valve ke intake manifold.

Udah ngerti? Mari kita mulai dengan melihat barangnya:
















HP untuk komparasi ukuran aja..

Barang dibeli dari kemayoran, tiruan merk Simota.. Harga sekitar 350rb.
Dapet selang silicon sepotong dan oil catch can aja sendiri.

TIPS:
Setelah mempelajari berbagai tipe OCC, ternyata lebih baik kalo diintip ke dalam kaleng nya salah satu nipple atau connector untuk selang nya ada pipa memangjang hingga ke bawah bejana sehingga proses kondensasi oli bisa lebih maksimal.

Kira-kira seperti ini maksudnya:
















Ini yang ideal karena ada pipa memanjang hingga bawah bejana.

1. Persiapkan OCC untuk dipasang:
Dikasih "casing" dan di semua sambungan dikasih lem untuk mencegah kemungkinan adanya bocor halus.





















2. Masukkan sabut cuci piring bahan stainless steel ke dalam OCC untuk membantu proses kondensasi oli di dalam OCC

TIPS:
Ketika memasukkan sabut stainless steel, gunakan plakban atau isolasi kertas untuk melindungi aluminium dari gesekan langsung dengan stainless steel. Hal ini dapat menyebabkan ulir drat kemakan dan ancur, sehingga ketika dipasang ulang nipple nya maka jadi longgar dan gk bisa di drat kenceng. Jangan ditanya kenapa saya bisa tau ya..

Lalu ke proses PASBONG nya:

3. Bongkar air filter sampai keliatan throttle body nya. (Prosedur di skip)..
Kalo mau liat detilnya klik disini:
http://pasbong.blogspot.com/2014/11/pasbong-tune-up-throttle-body-regap.html

4. Lepaskan selang PCV valve yang menyambung ke intake manifold













4a. Lepaskan dari sisi intake manifold terletak di bawah thottle body kelihatannya seperti ini:













Jelasnya:













4b. Lepaskan selang dari PCV valve:





















5. Tempatkan OCC di tempat yang diinginkan..
Ini selera pribadi sih, tetapi rumus yang dipake adalah makin dingin makin baik.
Karena udara dingin akan mempermudan dan mengoptimalkan proses kondensasi oli.
Lalu bikin dudukan dan amankan, saya sih gunakan zip tie aja biar simple dan cepat aja.


TIPS:
Saya pribadi meletakaan di bawah dudukan aki, jadi OCC duduk di rangka. Saya menyukai setting ini karena jadi terlihat standard dan tanpa ubahan modifikasi (OEM style)..

6. Pasang selang PCV valve ke OCC lalu OCC ke intake manifold.






































TIPS:
Lubang OCC mana saja yang ke intake manifold ataupun dari PCV valve tidak masalah.
Kecuali OCC yang digunakan salah satunya memiliki pipa panjang ke bawah bejana seperti yang tadi telah saya jelaskan di atas. Apabila seperti itu skenarionya, maka INPUT dari PCV VALVE dipasang ke intake OCC yang ada pipa panjang sampai bawah bejana.

TIPS tambahan:
Gunakan klem elpiji untuk mengamankan selang silikon baik di sisi PCV valve maupun di sisi OCC.
Apabila ketika beli OCC tidak dapat selang, beli aja selang bensin, semeter 10rb-an di toko spare parts.

Sudah selesai pasang ulang semuanya.

JANGAN LUPA CATAT KM PEMASANGAN !

CEK KETINGGIAN oli dalam OCC SETIAP 1000km untuk berjaga jaga, karena apabila OCC penuh maka OLI AKAN MASUK KE RUANG BAKAR melalui INTAKE MANIFOLD.

HAL INI DAPAT MENYEBABKAN HYDROLOCK (water hammer) dan merusak mesin sangat fatal !

Lumayan kan ngirit tune up ini itu bisa beli OCC.. hehe..
Stay tune di PASBONG untuk tutorial DIY lainnya.

3 comments:

  1. Ukuran diameter selang pcvnya yg brp gan kl beli??

    ReplyDelete
  2. gan, kalo dibuang aja ke udara luar, uap olinya boleh ga ? daripada kudu ditampung2 segala ? trims :)

    ReplyDelete