Lampu indikator AC, penerangan asbak, indikator perseneling AT pun mulai kriyep kriyep..
Kadang digebrak nyala.. Tetapi lama kelamaan tewas juga pada akhirnya..
Peralatan yang diperlukan:
Kunci socket 10mm
Tusuk gigi
Karena pada perbaikan ini kita memperbaiki di area yang bersangkutan dengan rem dan perseneling.
Baiknya sebelum proses dimulai, roda belakang diganjang terlebih dahulu.
Mari mulai:
1. Lepaskan baut 10mm di bawah cup holder (tempat botol minum) di centre console
2. Lepaskan plastik cover di bawah handle emergency brake (rem tangan)
3. Lepaskan baut 10mm setelah cover plastik dibuka
4. lepaskan gagang/tuas perseneling AT dengan diputar ke kiri
5. Lepaskan centre console dengan mengangkat dari sisi cup holder terlebih dahulu, baru cabut sisi asbak setelahnya.
Tips: Gerakkan tuas perseneling ke L untuk mempermudah proses copot centre console.
Inilah fungsinya ganjel roda belakang pake batu tadi.
6. Bisa terlihat ada 3 "kuncian" di rumah indikator perseneling, 2 di kiri (sisi penumpang), 2 di kanan (sisi supir)
7. Simpan "kondom" lampu berwarna orange karena beli lampu baru tidak termasuk "kondom"nya.
Agar ada ruang lebih untuk bekerja, lepaskan kaitan kabel di sebelah bawah ini:
8. Ini dia pelakunya !
9. Mumpung sekalian centre console masih terbuka semua, rem tangan saya pun udah mulai tinggi
(5 sampai 6 klik baru bisa full kenceng) 3 atau 4 klik masih "ngeluyur"..
Ada beberapa artikel yang saya dapatkan di internet, memuat cara untuk mengencangkan emergency brake via drum brake/tromol rem dengan melepas roda belakang. Dalam metode tersebut, setting emergency brake dilakukan langsung di rem tromol pada kedua roda belakang.
Saya pribadi merasa bahwa hal tersebut bukan untuk beginner/pemula karena kalau di set dengan benar (tidak sama antara tromol kiri kanan), bisa jadi rem belakang pincang (sebelah lebih kencang daripada satunya). Sehingga saya merasa bahwa penyetelan emergency brake (rem tangan) yang "boleh" dilakukan oleh beginner adalah penyetelah di sisi tuas rem tangan saja. Caranya bagaimana?
Ini dia:
Di bawah rem tangan ada sebuah besi, putar ke kanan untuk kencangkan dan ke kiri untuk melonggarkan.
Kencang: Semakin sedikit "klik" rem tangan atau lebih lebih "pendek"
Kendor: Semaking banyak "klik" rem tangan atau jadi lebih "panjang"
Gunakan kunci 10mm untuk memutar dengan cara sbb:
Putar sambil cek apakah ketinggian rem tangan sudah sesuai dengan keinginan.
Saya sih suka 3 klik kenceng, sehingga kalau di tanjakan bisa "dipaksa" jadi 4.
Selamat dalam waktu sekitar 1 jam, 2 pulau terlewati.. Sekarang anda bisa kembali ternak teri nya..
Keep Doing It Yourself, Happy PasBong guys !
No comments:
Post a Comment